TENTANG DEMAM

 on Friday, December 20, 2013  



Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh lebih tinggi daripada kondisi normal. Suhu normal tubuh manusia adalah diantara 36 hingga 38c. Demam terjadi karena tubuh memproduksi panas yang lebih banyak dibanding pengeluaran panas oleh tubuh itu sendiri. Demam juga merupakan peringatan dari tubuh bahwa sedang terjadi “perang” melawan virus, bakteri atau kuman yang bisa merugikan tubuh kita. Saat terjadi infeksi dari luar, secara alamiah tubuh akan melepaskan zat bernama pirogen yang menyebabkan suhu meningkat.

Demam pada dasarnya bersifat baik, karena merupakan mekanisme alamiah tubuh untuk mempertahankan diri dan menghindarkan bahaya yang lebih jauh. Demam juga bisa menjadi indikasi atas penyakit tertentu dilihat dari polanya. Misalnya untuk penyakit tipus memiliki pola demam dari sore hingga malam hari atau penyakit malaria yang memiliki pola dua hari demam, satu hari normal dan seterusnya.

Suhu tubuh yang meningkat juga akan mempengaruhi sel darah putih atau leukosit yang bertugas memerangi kuman dan virus penyakit dalam darah. Leukosit akan bekerja dengan lebih maksimal dalam suhu tubuh yang lebih tinggi dibanding dalam suhu normal.



No comments:

Artikel Lain

loading...
AdeIH